Sejarah Dinas

Sejarah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara

 

     Lembaga Catatan Sipil di Indonesia merupakan kelanjutan dari Lembaga Catatan Sipil pada jaman Pemerintahan Belanda yang dikenal dengan nama Bugerlijke Stand (BS) yaitu lembaga yang ditugasi untuk memelihara daftar-daftar atau catatan-catatan untuk pembuktian status atau peristiwa-peristiwa penting bagi Warga Negara seperti Kelahiran, Perkawinan, dan Kematian.

      Catatan Sipil adalah catatan yang menyangkut kedudukan hukum seseorang. Hal itu penting karena Indonesia adalah negara hukum sehingga setiap kedudukan Warga Negara harus jelas dan pasti karena setiap peristiwa akan membawa akibat hukum bagi kehidupan orang yang bersangkutan, orang lain atau pihak ketiga. Pencatatan yang dilakukan oleh Lembaga Catatan Sipil merupakan data-data tentang kependudukan yang dapat dijadikan bukti otentik sehingga kedudukan hukum seseorang menjadi jelas.

     Keberadaan Dindukcapil kabupaten Banjarnegara berawal dari sebuah sub bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Banjarnegara yaitu Sub Bagian Catatan Sipil pada tahun 1992. Pada saat itu Sub Bagian Catatan Sipil masih berada di bawah Bagian Pemerintahan. Pada tahun 2001 bergabung dalam Dinas Kependudukan masuk pada Sub Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berkantor di Jl. A. Yani No. 7 Banjarnegara. Sub Bagian Kependudukan dan Catatan sipil berdiri sendiri menjadi Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil pada tahun 2004 berdasarkan Perda Nomor 24 Tahun 2003.

     Berdasarkan Perda Nomor 16 Tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-dinas Kabupaten Banjarnegara, Kantor tersebut berubah menjadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pendaftaran Penduduk dan Pengelolaan Informasi Kependudukan.

     Berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara yang terdiri dari Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pendaftaran Penduduk dan Pengelolaan Informasi Kependudukan menjadi 3 (tiga) Bidang yaitu Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data.